Jumat, 27 Desember 2013

ANALISIS OBSERVASI KE EMPAT SD PIRI NITIKAN YOGYAKARTA

Sabtu, tanggal 6 Oktober 2013,  saya kembali melakukan observasi ke empat di sd piri nitikan. Setelah ijin, saya langsung mengikuti proses KBM IPS kelas v. Bu Asni memulai KBM dengan berdoa terlebih dahulu, setelah itu membaca salam. Proses KBM kali ini tidak lagi diisi dengan materi baru, melainkan diisi dengan sedikit review dari awal pembelajaran serta akan ada ulangan dengan materi dari awal pertemuan guna pemanasan untuk menghadapi uts minggu depannya. Tampak siswa sebenarnya kurang antusias ketika Bu Asni memberitahu bahwa hari ini akan ada ulangan, padahal sebenarnya mereka juga telah diberi tahu minggu yang lalu bahwa minggu depannya akan ada ulangan untuk mempersiapkan uts.
Saat Bu Asni mereview sedikit materi dari awal, terlihat beberapa antusias memperhatikan dan beberapa hanya duduk lesu tak bergairah (khususnya yang laki-laki). Ada juga yang ingat dengan materi yang telah disampaiakan dari awal hingga pertemuan terakhir sebelum uts. Hal itu terlihat ketika Bu Asni memberi beberapa pertanyaan sebelum ulangan dimulai. Setelah kira-kira 30 menit Bu Asni mereview materi, tiba saatnya untuk ulangan. Ulangan ini kata Bu Asni sebagai pemanasan menjelang uts dan materi ulangannya dari pertemuan awal. Hampir semua siswa terlihat menunjukkan ekspresi kurang bergairah dan sesekali bilang “alah buuu……” untuk mengikuti ulangan ini, namun ulangan tetap harus dilakukan untuk mengukur seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi.
Saat ulangan berlangsung suasana kelas tenang, jauh berbeda ketika tidak sedang ulangan. Karena saya duduk di belakang sendiri, jadi saya mengetahui gerak gerik siswa saat ulangan. Banyak hal yang saya amati ketika ulangan berlangsung, salah satunya saya melihat ada satu siswa laki-laki yang sembunyi-sembunyi melihat buku panduan ips-nya yang ditaruh di dalam tas dan diletakkan di meja. Ketika itu saya ingin mengamil gambar, namun karena alasan mengganggu jadi saya putuskan untuk tidak mengambil gambar. Ada juga siswa perempuan yang belum mengerjakan sama sekali saat waktu telah berjalan kira-kira 20 menit. Dan ada yang berusaha untuk mencontek temannya. Sesekali Bu Asni memberi teguran agar jangan mencontek dan percaya pada jawaban diri sendiri, karena jawaban teman juga belum tentu benar.
Setelah ulangan selesai, semua lembar siswa dikumpulkan. Setelah itu Bu Asni memberi sedikit nasihat pada siswanya agar waktu menjelang uts ini digunakan untuk belajar semaksimal mungkin, dan jangan lupa untuk selalu berdoa. Agar apa yang diperoleh bisa maksimal. Proses KBM lalu ditutup oleh Bu Asni dan membaca Hamdallah diakhir kalimat. Setelah itu siswa keluar kelas untuk istirahat. Jadi itulah hasil analisis yang saya dapat ketika melakukan observasi ke empat saya di SD Piri Nitikan Yogyakarta. Sekian dan Terimakasih ……………..!


sedang mengerjakan soal

Hasil lembar kerja ulangan yang akan dikumpulkan

0 komentar:

Posting Komentar