Rabu, 25 Desember 2013

Makalah "Pembelajaran Berbasis Komputer dan Elektronik (E-Learning)"

BAB I
PENDAHULUAN
A.     LATAR BELAKANG

Berdasarkan beberapa kajian teorites dan empiris, untuk mengatasi kelemahan penggunaan teknologi informasi (TI) dalam pembelajaran dianggap salah satu pemecahan yang sesuai. Apa pun bentuknya, pemanfaatan TI dalam pembelajaran membawa perubahan tradisi atau budaya pembelajaran. Manfaat TI dalam pembelajaran dapat menjadi system pembelajaran mandiri (instructor independent) atau juga digabungkan dengan proses pembelajaran langsung (tatap muka di kelas) yang mengandalkan kehadiran guru.
Model pembelajaran/sumber belajar yang berhubungan dengan TI dan kini menjadi perhatian dunia penddikan adalah model pembelajaran berbasis computer (computer based instruction) dan pembelajaran melalui media elektronik (e-learning) berbasis web base learning (WBL). Model pembelajaran ini didasarkan atas perkembangan teknologi informasi (TI) melalui teknologi internet,dan telah memunculkan apa yang disebut dengan e-education atau e-learning yaitu kegiatan pendidikan atau pembelajaran melalui media elektronik, khususnya melalui jaringan internet. Pada bab ini akan membahas tentang model pembelajaran berbasis komputer dan pembelaajaran berbasis elektronik yang kini mulai diterapkan pada beberapa lembaga pendidikan.

B.     RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah:
1.      Apa yang dimaksud pengertian pembelajaran berbasis komputer …?
2.      Apa saja Keuntungan dalam pembelajaran berbasis komputer …?
3.      Apa yang dimaksud model pembelajaran berbasis elektronik (e-learning) …?
4.      Apa manfaat pembelajaran elektronik ….?

C.    TUJUAN
Dari pembahasan ini diharapkan agar ;
1.      Mengerti tentang pembelajaran berbasis komputer
2.      Mengetahui keuntungan pembelajaran berbasis computer
3.      Memahami model pembelajaran berbasis elektrik (e-learning)
4.      Mengetahui manfaat pembelajaran elektronik


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pembelajaran Berbasis Komputer
Pengertian Pembelajaran berbasis sekolah aadalah pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu. Melalui pembelajaran ini bahan ajar disajikan melalui media komputer sehingga kegiatan proses belajar mengajar lebih menjadi lebih menarik dan menantang bagi siswa.
Page (1978:) mengemukakan bahwa : "Computer Assisted Instruction / Learning (CAI/CAL) : Use of a computer to assist in the presentation of  instructional materials to a student, to monitor learning progress, or to select additional instructional material in accordance with the need of individual learners". (Pembelajaran berbasis komputer adalah penggunaan suatu komputer untuk membantu menyajikan materi pembelajaran kepada siswa, memantau kemajuan belajarnya atau memilih bahan pembelajaran tambahan yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa secara individual.)
Definisi pembelajaran berbasis komputer  menurut Hick & Hyde (dalam joiner,1982) adalah dengan pembelajaran berbasis komputer  siswa akan berinteraksi dan berharap secara langsung  dangan komputer secara individual sehingga apa yang dialami oleh seorang siswa akan berbeda dengan apa yang dialami oleh siswa lain.
Ada beberapa macam dalam pembelajaran berbasis computer  yaitu diantaranya sebagai berikut :

1.      Model pembelajaran berbasis komputer
Menurut simon (dalam Wanket & Oreovocz,1995) terdapat tiga model penyampaian materi pembelajara berbasis komputer ,yaitu sebagai berikut :
a.       Latihan dan praktik. Dalam pembelajaran berbasis computer ini siswa diberikan pertanyaan-pertanyaan atau masalah ntuk dipecahkan, kemudian computer akan memberi respon (umpan balik) atas jawaban yang diberikan siswa.
b.      Tutorial. Model pembelajaran berbasis computer ini menyediakan rancangan pembelajaran yang kompleks yang berisi materi pembelajaran, latihan yang disertai umpan balik.
c.       Simulasi. Model pembelajaran berbasis computer ini menyediakan pembelajaran dengan sistem simulasi yang berhubungan dengan materi yang dibahas.
2.       Peranan Media dalam Pembelajaran
            Permasalahan yang sangat rumit dan kompleks bagi siswa yang memiliki kemampuan sedang, tentu akan membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya. Untuk bisa mempelajari dengan cepat, mudah dan benar, konsep atau prinsip dalam pembelajaran yang sifatnya abstrak, rumit dan kompleks memerlukan multimedia (program computer) yang sesuai dengan isi pembelajaran tetrsebut.
            Penggunaan pembelajaran melalui computer dalam pembelajaran akan membuat kegiatan pembelajaran berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan.
3.      Keuntungan Pembelajaran Berbasis Komputer
*      Keuntungan yang akan diperoleh dengan pembelajaran berbasis komputer, yaitu sebagai berikut:
a.    Membebri kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah secara individual.
b.    Menyediakan presentasi yang menarik dengan animasi.
c.    Menyediakan isi pembelajaran yang banyak dan beragam.
d.    Mampu membangkitkan motivasi siswa dalam belajar.
e.    Mampu mengaktifkan dan menstimulasi metode mengjar dengan baik.
f.     Meningkatkan pengembangan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan.
g.    Merangsang siswa belajar dengan penuh semangat, materi yang disajikan mudah dipahami oleh siswa.
h.    Siswa mendapat penglaman yang bersifat konkrit, retensi siswa meningkat.
i.      Member umpan balik secar langsung.
j.      Siswa dapat menentukan sendiri laju pembelajaran.
k.    Siswa dapat melakukan evaluasi diri.
*      Pembelajaran komputer juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut.
a.       Hanya efektif jika digunakan oleh satu orang atau kelompok kecil.
b.      Jika tanpilan fisik isi pembelajaran tidak dirancang dengan baik atau hanya merupakan tampilan seperti pada buku teks biasa, pembelajaran melalui media komputer tidak akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa (siswa cepat bosan)
c.       Guru yang tidak memahami aplikasi program komputer tidak dapat merancang pembelajaran lewat media computer.
4.      Cara Pengembangan
Ada beberapa model pengembangan pembelajaran yang dapat digunakan dalam membuat pembelajaran berbasis komputer. Dengan pengembangan pembelajaran Model banathy yang digambarkan sebagai berikut:                     
1.    Merumuskan  tujuan

2. Analisa kegiatan belajar
4. Mendisain
   system
   pembelajaran
                 


2. Pengembangan
    tes
5. Melaksanakan
    kegiatan dan
    evaluasi
6. Mengadakan perbaikan
 
5.      Langkah Pengembangan
a.      Pengembangan Bahan Ajar
prosedur pengembangan dilakukan dengan urutan langkah-langkah sebagai berikut:
1)      Menetapkan rumusan tujuan pembelajaran
2)      Mengembangkan tes untuk mengukur ketercapaian tujuan.
3)      Menganalisis kegiatan belajar
4)      Mendisain system pembelajaran
5)      Melaksanakan kegiatan pembelajaran dan melakukan evaluasi dan
6)      Mengadakan perbaikan.

b.      Pengembangan Media Komputer
Proses pengembangannya dilakukan denagn langkah-langkah berikut:
1)      Perancangan bahan ajar ke dalam program computer
2)      Pembuata media untuk pembelajaran meliputi pengambilan gambar dan pembuatan animasi
3)      Penggabungan gambar / animasi ke dalam bahan ajr komputer
4)      Tim yang terlibat: untuk produksi melibatkann programer computer grafis, juru kamera, teknisi dan objek lingkungan yang terkait pembelajaran.

6.      Penerapan di Kelas
Secara operasional kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran dapat dijabarkan sebagai berikut.

No
Peran Guru
Peran Siswa
1


2

3

4


Merancang dan mengembangkan isi pembelajaran dalam bentuk komputer.
Memberi bimbingan individual pada setiap siswa yang membutuhkan.
Fasilitator bagi kegiatan belajar siswa.
Selalu melakukan update terhadap bahan ajar.



Belajar secara mendiri


Mendiskusikan topik / masalah yang dirasa belum jelas dengan guru.
Menilai kemampuan belajar (self evaluation)

7.       Indikator Penilaian
        Secara umum indicator-indikator tersebut antara lain sebagai berikut:
a.       Tingkatan kedalaman materi.
b.      Urutan penyajian / pengorganisasian isi pembelajaran.
c.       Kejelasan penggunaan bahsa
d.      Kejelasan table, gambar/grafik/animsi.
e.       Tampilan secara keseluruhan

8.       Pentingnya Pembelajaran Berbasis Komputer
            Masalah pembelajaran yang terkait dengan lambatnya pemahaman siswa terhadap konsep teori yang bersifat abstrak perlu diatasi. Denagn pembelajaran berbasis komputer, siswa akan lebih mudah memehami konsep-konsep yang bersifat abstrak, hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Mengacu pada masalah tersebut pengembangan pembelajaran berbasis komputer sangat penting bagi guru, siswa dan sekolah.
a.       Bagi Guru
Pembelajaran berbsis computer sangat penting bagi guru karena: Meminimalkan tingkat kesalah pahaman konsep / teori yang sering  dialami siswa sehingga efektifitas dan efesiensi pembelajaran dapat dicapai secara optimal.
b.      Bagi Siswa
Bgi siswa sangat bermanfaat karena: Siswa akan lebih mudah dan cepat memahami materi pembelajaran yang bersifat abstrak.
c.       Bagi sekolah
Dengan adanya pembelajarran berbasis komputer ini maka sekolah akan tersedia bahan ajar yang telah divalidasi sesuai dengan bidang teknik sipil sehingga guru dapat menggunakan dengan mudah  dan efektivitas dan efisien.


B.     Pengrtian Model Pembelajaran Berbasis Elektronik (E-Learning)
Pembelajaran e-learning merupakan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet ( internet,LAND,WAN).Sebagai metode penyampaian,interaksi,dan fasilitasi serta didukung oleh berbagai bentuk layanan belajar lainnya ( Brown,2000;feasey,2001)
1.      Fungsi pembelajaran elektronik
Menurut Siahaan (2002) setidaknya ada tiga fungsi pembelajaran elektronik terhadap kegiatan pembelajaran di dalam kelas , yaitu  sebagai berikut:
a.       sebagai suplemen pembelajaran yang sifatnya pilihan/opsional.
b.      sebagai perlengkapan (komplemen) pembelajaran.
c.       sebagai pengganti (substitusi) pembelajaran


2.      Manfaat pembelajaran elektronik
Pembelajaran elektronik (e-learning) bermanfaat bagi berbagai pihak yang terkait :
a.       Bagi Siswa
Kegiatan pembelajaran melalui e-learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar siswa yang optimal, di mana siswa dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang.
b.      Bagi Guru
Lebih mudah melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi  tanggung jawabnya dengan tuntunan perkembangan keilmuan yang terjadi.
c.       Bagi Sekolah
Di sekoalah akan tersedia bahan ajar yang telah divalidasi sesuai dengan bidangnya sehingga setiap guru dapat  menggunakan dengan mudah serta efektivitas dan efisien.
3.      Kelemahan pembelajaran elektronik
Menurut Wildavsky, (2001) kelemahan utama pembelajaran e-learning adalah sebagai berikut:
a.       Frekuensi kontak secara langsung antar sesame siswa sengan narasumber  sangat minim.
b.      Peluang siswa untuk bersosialisasi dengan siswa lain sangat terbatas.

4.      Pembelajaran Berbasis Web (web based learning)
Yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis web ( web based learning)/WBL) WBL atau sering disebut on-line learning merupakan suatu system  atau proses untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar jarak jauh melalui aplikasi web dan jaringan internet (Simamora,2003)
Beberapa kelebihan dari pemanfaatan internet untuk WBL anatar lain sebagai berikut:
a.       Kelas tidak membutuhkan bentuk fisik ,semuanya dapat dibangun dalam aplikasi internet
b.      Melalui internet lembaga pendidikan akan dapat lebih focus pada program penyelenggaraan pendidikan atau latihan
c.       Program WBL dapat dilaksanakan dan diupdate secara cepat
d.      Dapat diciptakan interaksi yang bersifat real time (chating atau video conference) maupun non real time (email, bulletin board, mealing list)
e.       Dapat mengakomodasi keseluruhan proses belajar, mulai dari registrasi, penyampaian materi, diskusi, evaluasi dan juga transaksi
f.       Dapat diakases dari lokasi mana saja dan bersifat global
g.      Materi dapat dirancang secara multimedia dan dinamis
h.      Siswa dapat terhubung ke berbagai perpustakaan maya diseluruh dunia dan menjadikannya sebagai media penelitian dalam meningkatan pemahaman dan bahan aja
i.        Guru daapat secara cepat menambahkan referensi bahan ajar bersifat study kasus, trend industry dan proyeksi teknologi kedepan melalui berbagai sumber untuk menambah wawasan peserta terhadap bahan ajar.

5.       pengembangan WBL
Simamora (2003) mendeskripsikan komponen-komponen WBL, baik dalam interaksi langsung maupun interaksi tidak langsung adalah sebagai berikut :
1.      Interaksi secara tidak langsung dalam WBL diwujudkan dengan mengunakan:
a.       Electronic email atau e-mail
b.      News group
c.       Bulletin board file exchange
2.      Untuk interkasi secara langsung atau real time melalui WBL dapat menggunakan:
a.       Chat
b.      Application sharing
c.       Audio atau video conference
E-learning adalah pembelajaran yang pelaksanaannya didukung oleh jasa teknoligi, seperti telepon, audio, video tv, transmisi satelit atau computer (sukartawi, 2003)

6.       model pengembangan
Salah satu contoh adalahg menggunakan pengembangan pembelajraan yang digambarkan sebagai berikut:

Mengembangkan
Web Based Learning

Menentukan matapelajaran yang akan dikembangkan
Memproduksi Web Based Learning
Menyusun petunjuk penggunaan program
Mengidentifikasi silabus mata pelajaran
Uji coba produk pembelajaran WBL



ü  Prosedur Pengembangan
Sesuai dengan model pengembangan di atas maka prosedur pengembangan dilakukan sebagai berikut:
a.       Menentukan Matapelajaran yang akan Dikembangkan
b.      Mengenmbangkan Web Based Learning
c.       Memproduksi WBL
d.      Menyusun petunjuk penggunaan program
e.       Menyediakan jaringan
f.       Proses instalasi produk pembelajaran

7.      Hasil penelitian
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-learnig sebagai pelengkap pembelajaran konvensional dapat meningkatkan kreativitas dan hasl belajar siswa .Penelitian hajji (2006) menyimpulkan bahwa :
1.      Terjadinya aktiitas mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang ditandai dengan jumlah hit yang mengakses situs belajar
2.      Terjadinya peningkatan motifasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang ditandai dengan jumlah balikan yang diperoleh dalam web mail situs belajar
3.      Menurunnya tingkat kejenuhan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
4.      Terjadinya peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahananya yang dapat dilihat dari kualitas balikan terhadap tes dan pernyataan yang ada dalam situs belajar


BAB III
PENUTUP
C.    Kesimpulan
Pembelajaran berbasis computer adalah pembelajaran yang menggunakan computer sebagai alat bantu. Melalui pembelajaarn ini bahan ajar disajikan oleh media computer sehingga kegiatan proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan menantang bagi siswa.
Terdapat tiga model penyampaian materi pembelajaraan berbasis computer.
1.      Latihan dan praktek
2.      Tutorial
3.      Simulasi
WBL sering juga disebut online learning merupakan sustu system atau proses untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar jarak jauh melalui aplikasi web dan jaringan internet. Mesikpun pada prinsipnya web learning dapat berjalan diarea local (LAN), WBL merupakan perwujudan dari upaya pengembangan learning dengan basis web. Perbedaan WBL dan Web information lainnya terletak pada proses interaksi antara siswa dan guru atau antara siswa sendiri


DAFTAR PUSTAKA

3 komentar:

  1. bagus.. ini akan memudahkan orang-orang mengerti akan pembelajaran komputer..

    BalasHapus
  2. materinya lengkap. tp sayagnya tulisannya terlalu mencolok. haha

    BalasHapus
  3. dmna saya bisa nyari buku pembelajaran khusus CAI ?

    BalasHapus