Jumat, 27 Desember 2013

OBSERVASI DI SD PIRI NITIKAN MAKUL MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Foto tampak depan SD Piri Nitikan Yogyakarta

HALAMAN AWAL

1. Profil dan Foto Sekolah ( SD PIRI NITIKAN )

Profil SD Piri Nitikan Yogyakarta :
Nama SD                               : SD PIRI NITIKAN YOGYAKARTA
Alamat                                  : JALAN NITIKAN BARU NO. 55 YOGYAKARTA 55162, Kota
                                                 Yogyakarta, Provinsi D.I.Yogyakarta
Tipe                                       : Sekolah
Jenjang                                  : SD
NSS                                        : 102046014031
Akreditasi                              : A
Nilai Akreditasi                      : 91,85


Bu Asni 

2. Profil Mentor

Nama Lengkap                      : Asni Widiastuti, S.Pd
NIP                                        : (belum ada)
Tempat, tanggal lahir           : Gunung Kidul, 6 September 1989
Jabatan                                 : Guru Kelas V
Pangkat / Gol.                      : GTT
Unit Kerja                             : SD PIRI NITIKAN
Alamat                                 : Jln. Imogiri km 7, Grojogan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta
Hobbi                                   : Membaca

3. Foto saat proses pembelajaran

Bu Asni memulai pembelajaran

Bu Asni memberi penjelasan kepada siswa yang belum paham


Ulfa, salah satu siswa yang aktif, pede, cerewet namun cerdas (cepat memahami materi yang disampaikan)

siswa antusias menjawab pertanyaan yang diberikan guru

4. Materi
Pelajaran                              : IPS KELAS V SEM. 1
Materi Pembelajaran            : Peninggalan pada masa hindu – budha
Standar Kompetensi            : 1.  Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu­-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
Kompetensi Dasar               : 1.1  Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu-­Budha, dan Islam di Indonesia
Tujuan Pembelajaran           :
¨      Siswa dapat Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu-­Budha, dan Islam di Indonesia
Waktu guru mengajar          :
1.    Mengulang materi minggu lalu : 15 menit
2.    Pemberian materi : 35 menit
3.    Siswa diminta mengerjakan soal dibuku latihan : 30 menit
4.    Evaluasi : 20 menit
Guru Mengajarkan tentang peninggalan sejarah dari Masa Hindhu-Budha dan Islam, mulai dari kerajaan-kerajaan yang ada pada masa itu sampai peninggalan-peninggalan dari kerajaan-kerajaan tersebut.
Misalnya, kerajaan yang ada pada masa itu yaitu :
1. Kerajaan Hindhu:
– kerajaan kutai
- kerajaan tarumanegara
- kerajaan bali
2. Kerajaan Budha:
– kerajaan sriwijaya
- kerajaan kerajaan kalinnga
3. Kerajaan di masa Hindu-Budha kuno:
– kerajaan mataram kuno
- kerajaan medang kamulan
- kerajaan kediri
- kerajaan singosari
4. Kerajaan Islam:
– kesultanan samudera pasai
- kesultanan malaka
- kesultanan demak
6. Peninggalan sejarah yang bercorak hindu – budha, misalnya :
- Candi
- Prasasti
- Patung
- Karya Sastra (kitab)
7. Peninggalan sejarah yang bercorak Islam, misalnya :
- Masjid ( tempat beribadah bagi pemeluk agama islam)
- Pesantren ( pusat pendidikan agama islam sejak masuk sampai sekarang dikenal dengan nama pesantren)
- kaligrafi ( tulisan yang menggunakan tulisan arab yang dibuat sangat indah).

0 komentar:

Posting Komentar